Perangkat Lunak : Aplikasi Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata (word processor) adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan percetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Beberapa aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word, Lotus World Pro, Wordperfect, StarOffice Writer, dan OpenOffice Writer. Pada kali ini saya akan menjelaskan beberapa fitur dari aplikasi pengolah kata Microsoft Word seperti Mail merge, page number, daftar isi otomatis, equation, dan autotext.

Mail Merge

Mail merge merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat surat menyurat secara cepat dengan menggunakan format yang sama. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buka Mocrosoft Word lalu buka menu Mailings dan pilih Start Mail Merge.

1a

2. Setelah itu pilih Step by Step Mail Merge Wizard

1b

3. Lalu akan muncul jendela seperti gambar dibawah disebelah kanan tampilan Word. Dan pilih Letters lalu Next

1c

4. Pilih Use the Current Document lalu Next

1d

5. Pilih Type a new list lalu Next

1e

6. Dan akan muncul jendela seperti ini. Pilih Customize Columns untuk mengatur Kolom sesuai keinginan kita

1f

7. Pilih Title lalu Klik Rename untuk mengganti nama sesuai kebutuhan pada surat yang akan dibuat.

1g

8. Misal Rename Field Names yang tersedia menjadi Nama, Alamat, Perihal seperti gambar dibawah lalu klik OK

1h

9. Muncul jendela seperti dibawah. Isi kolom yang ada sesuai kebutuhan untuk surat menyurat

1i

10. Save pada dokumen anda1j

11. Muncul jendela seperti dibawah, lalu OK

1k

12. Tulis pada lembar kerja sesuai judul kolom yang anda buat tadi.

1l

13. Klik More items disebelah kanan lembar kerja lalu Next

1m

14. Arahkan cursor pada lembar kerja “Nama” lalu Insert Nama dari jendela merge field yang muncul, begitu pula dengan alamat dan perihal

1n

15. Setelah selesai, muncul tampilan seperti dibawah

1o

16. Untuk menampilkan isi dari konten yang dibuat, geser Recipient 1 yang ada disebelah kanan tampilan.

1p

17. Untuk ke Recipient berikutnya tinggal di geser.

1q

18. Selesai. Muncul jendela terakhir seperti ini

1r

Page Number

Fitur Page number berfungsi untuk menambahkan nomer halaman dilembar tugas yang kita buat. Langkahnya seperti berikut

  1. Buka Microsoft Word lalu pilih menu Layout dan Breaks. Arahkan cursor dibagian akhir halaman

2a

2. Pilih Next Page. Fitur ini berguna untuk membuat dua halaman memiliki nomer halaman yang terpisah atau berbeda satu sama lain.

2b

3. Pilih Page Number

2c

4.Untuk halaman pertama, pilih jenis page number Top of Page dan pilih Plain Number 2

2d

5. Muncul tampilan seperti dibawah

2e

6. Apabila pada halaman kedua juga muncul nomer halaman dibagian atasnya, Hapus saja lalu klik Link to Previous sehingga tak terhubung dengan halaman sebelumnya

2f

2g

7. Pada halaman ke dua, pilih nomer halaman Buttom of Page dan Plain Number 2.

2h

8.  Dan akan muncul tampilan seperti dibawah. Selesai

2i

Daftar Isi Otomatis

Fitur Daftar Isi Otomatis memungkinkan pengguna membuat daftar isi otomatis setelah membuat tugas yang memerlukan suatu daftar isi. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka makalah ataupun tugas yang ingin dibuat daftar isinya. Untuk judul Bab atur dengan Heading 1

3a

2. Atur Judul Bab dengan Heading 1 dan Judul Sub bab dengan Heading 2

3b

3.  Setelah mengatur semua judul Bab dan Sub Bab. Arahkan cursor dihalaman paling awal. Pilih menu References Lalu Table of Contents dan pilih yang Automatic Table 1

3c

4. Selesai. Daftar isi otomatis berhasil dibuat.

3d

Equation

Fitur Equation memungkinkan pengguna untuk membuat rumus matematika atau berbagai ilmu lainnya dengan mudah dan dapat diatur sendiri. Langkah untuk membuat equation yaitu:

  1. Pilih menu Insert dan Klik Equation pada bagian kanan

4a

2. Lalu akan muncul tampilan seperti ini. Terdapat pilihan fraction (untuk pembagian), Script (untuk rumus berpangkat), Radical (untuk rumus akar), Integral, Large Operator (untuk sigma dan berbagai menu lainnya), Bracket (untuk rumus berkurung seperti harga mutlak), Function (untuk rumus sin cos tan), Accent, dan sebagainya.

4b

Autotext

Fitur Autotext memudahkan pengguna dalam mengerjakan tugas yang menggunakan kata yang sama terus menerus karena dengan autotext, hanya dengan mengetik kata kuncinya lalu kata yang kita inginkan langsung muncul dihalaman kerja kita. Langkahnya seperti ini:

  1. Misal ingin menambahkan kalimat berikut ke autotext dengan mengetik kalimat yang ingin ditambahkan ke lembar kerja kita.

5a

2. Blok kalimat yang telah kita buat. Masuk ke menu Insert dan pilih Quick Parts, Auto text lalu pilih Save selection to Auto Text Gallery

5b

3. Isi nama Autotext yang kita buat. Misal dengan nama “Biodataa” lalu klik OK

5c

4. Ketik nama Autotext yang kita buat dilembar kerja kita lalu tekan enter

5d

5. Lalu akan muncul kalimat yang telah kita tambahkan ke autotext. Selesai

5e

 

Sekian penjelasan mengenai beberapa fitur yang ada di Aplikasi Pengolah Data Microsoft Word. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s